January 14, 2016

Teror bom Jakart-Indonesia

11:55

  • Sejumlah ledakan dan tembakan terdengar di wilayah Thamrin, Sarinah di Jakarta.
  • Tujuh orang meninggal dan 19 luka-luka dalam serangan itu, kata kepolisian. Serangan "diduga kuat dilakukan oleh ISIS".
  • Presiden Jokowi mengatakan "mengecam tindakan yang mengganggu keamanan masyarakat, ketenangan rakyat, dan menebar teror."
  • Laporan dari Heyder Affan, Christine Franciska, Jerome Wirawan, Isyana Artharini, Pijar Anugerah, dan Ging Ginanjar.

16:16

Populer dalam percakapan Twitter di Indonesia, saat ini:
  • #PrayForJakarta (lebih dari 105.000 kali)
  • #KamiTidakTakut (dipakai lebih dari 5.000 kali)
  • ISIS
  • #SafetyCheckJKT (berbagi informasi soal keamanan di sekitar Jakarta)
  • Sarinah

16:06

Pernyataan lengkap Anton Charliyan, Kadiv Humas Mabes Polri:
Jumlah korban meninggal mencapai 7 orang, dan 19 luka-luka. Dari 7 korban meninggal, 5 orang adalah pelaku serangan, sedangkan 2 adalah warga sipil. Satu dari warga sipil tersebut adalah WNA Belanda yang, menurut Anton, "dieksekusi". 
Pelaku berhasil dilumpuhkan setelah terjadi tembak-menembak dan mereka meninggal di tempat. Dari lima pelaku yang meninggal, menurut Anton, tiga orang tewas di kawasan sekitar Starbucks, sedangkan dua orang lain tewas akibat bom bunuh diri di pos polisi. 
Polisi menemukan kartu-kartu identitas, meski mereka masih mendalami apakah identitas tersebut benar. "Tapi siapa tahu kan KTP orang lain. Sementara masih kita dalami karena kita menganalisis CCTV juga," ujar Anton. 

15:58

Melihat langsung pengejaran pelaku serangan
"Situasi sangat tegang, karena kita melihat langsung polisi masuk ke gedung Jakarta Theater, memecahkan kaca, masuk dengan senjata lengkap. Ada sekitar lima hingga enam wartawan yang bersama saya di Gedung Sarinah yang cukup aman," wartawan Heyder Affan menggambarkan situasi sesaat setelah serangan.

15:53

'Serangan telah berakhir', lapor AP
Associated Press mengutip kepolisian mengatakan serangan telah berakhir dan pasukan keamanan dapat mengendalikan situasi.

15:51

Dugaan kuat ini kelompok ISIS, kata kepolisian dalam konfrensi pers. 

15:47

Tujuh orang meninggal, 19 luka-luka, kata kepolisian dalam konfrensi pers.

15:45

Sesaat ketika tim medis dan pasukan khusus bom tiba di lokasi.

15:34

Jumlah pelaku dan korban serangan di Thamrin masih simpang siur. Sejumlah narasumber kepolisian tampak memberikan pernyataan yang berbeda-beda. Namun saat ini, menurut wartawan Heyder Affan, masyarakat masih terlihat berkerumun di sekitar lokasi kejadian. Kepolisian berjaga-jaga dan memasang garis polisi dan melarang masyarakat mendekat.

BLOG15:22

Wakapolri Budi Gunawan
Dua pelaku ditembak di depan Djakarta Theatre, dua pelaku lainnya tewas dalam bom bunuh diri. Lima polisi luka berat. Lima warga sipil luka berat. Dua meninggal dunia. Warga Aljazair luka, masih dirawat di rumah sakit. Satu warga asing lainnya meninggal tertembak kelompok teroris, tapi kewarganegaraannya belum diketahui

15:21

'Hoax'
"Seluruh jajaran Polri dan TNI tetap siap berjaga, dan terkait info pelaku membawa motor dan bersenjata lengkap adalah hoax," kata Divisi Humas Mabes Polri.

15:09

"Ya Tuhan, dia membidikkan senjatanya ke arah seorang polisi"
Pemimpin redaksi Tempo, Arif Zulkifli, dalam akun Twitternya (@arifz_tempo), menceritakan kronologis ketika wartawannya berhasil merekam wajah terduga pelakuserangan Thamrin.
Dia mengatakan setelah ledakan di pos polisi Sarinah, dua orang yang diduga pelaku berkerumun bersama massa.
"Tak ada yg peduli pada dua pria beransel itu. Hingga seorang diantaranya mengeluarkan senjata laras panjang. Lalu, ya Tuhan, ia membidikkan senjatanya ke arah seorang polisi. Dor, polisi itu jatuh."

TWEET15:01

@NajibRazak, Perdana Menteri Malaysia
Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak menyampaikan belasungkawa dan menyatakan negerinya siap memberikan bantuan. "Malaysia siap membantu dengan cara apapun," cuitnya.

14:48

Starbucks akan menutup seluruh tokonya di Jakarta
Waralaba kedai kopi Starbucks mengumumkan penutupan seluruh tokonya di Jakarta sampai pemberitahuan lebih lanjut, dilansir kantor berita Reuters. Kedai Starbucks di Thamrin menjadi salah satu sasaran serangan bom dan senjata api hari ini.

14:45

Wakapolri: Serangan terkait ISIS
Wakapolri Budi Gunawan mengatakan, dari hasil deteksi polisi, memang ada komunikasi antara kelompok Suriah, Bahrun Nain dengan Abu Jundi dari kelompok Solo.
"Kelompok Solo ini membuat persiapan-persiapan dengan anak-anak selnya untuk melakukan apa yang disebut dengan “konser bom” yang harusnya dimainkan pada malam Tahun Baru. Tapi karena kita bisa antisipasi, maka baru kali ini mereka laksanakan," kata Budi Gunawan.
Ketika ditanya, apakah ini serangan ISIS, sama dengan konteks serangan di paris, Budi menjawab, "Yes, betul."
Menurut Budi, sementara ini polisi menemukan senjata jenis FN. "Ada juga bom, ada granat yang masih aktif yang saat ini sedang kita sterilkan," ujar Budi.
Budi Gunawan juga mengatakan bahwa ada satu warga negara asing yang meninggal dunia. "Saat ini kita masih dalami, dia pelaku atau warga biasa," tambahnya.

BLOG14:24

Aries Munandar - saksi mata
Yang pertama ledakan kecil pas waktu saya makan, yang ke dua ledakan besar. Terus ke tiga masih ada lagi. Setelah itu ada tembakan dari atas, enggak tahu arahnya ke mana. Tembak-tembakan gitu lho. Ada sekitar lima ledakan. Bunyi yang terakhir saya dengar setelah saya menghindar jauh. Suaranya agak besar. 

14:22

Itu adalah bom bunuh diri, kata polisi
Wakil Kapolri Budi Gunawan mengatakan, "insiden dimulai pukul 10.55 WIB. Penyerangan dimulai dengan bom lempar di Starbucks, lalu ada kelompok lagi yang melakukan bom bunuh diri di pos polisi. Bom bunuh diri dilakukan dengan menempelkan bom di badannya. Terjadi kontak tembak di depan Djakarta Theatre. Kami melumpuhkan dua pelaku." Demikian dilaporkan Jerome Wirawan di lapangan.
Wartawan Heyder Affan, juga di lokasi, mengatakan tim kepolisian sampai sekitar pukul 13.30 WIB masih melakukan penelitian di lokasi serangan teror yaitu di pos polisi. Sejumlah pimpinan otoritas keamanan, di antaranya Panglima TNI Gatot Nurmantyo berada di lokasi kejadian.
Kepolisian masih melarang wartawan mendekati tempat lokasi kejadian. Warga berupaya mendekati lokasi kejadian, tetapi dilarang masuk oleh aparat.

14:07

Jika Anda baru saja bergabung dalam liputan langsung ini, berikut apa yang kami ketahui:
  • Serangkaian ledakan terjadi di perempatan Sarinah, Jakarta. Laporan mengatakan enam orang tewas.
  • Sejumlah orang menyerang pos polisi dengan bahan peledak, kemungkinan granat. Ada sejumlah ledakan terdengar dari gedung di sekitarnya, termasuk kios Starbucks.
  • Polisi menyanggah berita bahwa ada ledakan lain di lokasi lain di Palmerah.
  • Empat terduga pelaku telah dilumpuhkan polisi, kata Reuters.

14:01

Empat terduga pelaku dilumpuhkan polisi
Polisi menembak mati empat orang yang terduga terlibat dalam serangan bom dan senjata api, juru bicara polisi mengatakan kepada kantor berita Reuters. "Kami sterilkan bangunan dari basement sampai atap," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, M. Iqbal, kepada wartawan. Ia menjelaskan, baku tembak antara penyerang dan polisi terjadi di dalam bioskop Jakarta XXI, satu bangunan dengan kafe Starbucks yang menjadi target serangan. "Kami akan mengumumkan situasi aman segera," ujarnya.

13:54

Kepala BIN: Tidak ada indikasi peran ISIS, lapor Reuters
Kepala Badan Intelijen Negara, Sutiyoso, mengatakan kepada Reuters tidak ada indikasi militan ISIS berada di balik serangan bom dan senjata api di Jakarta. "Ini jelas terorisme tapi tidak ada indikasi ini terkait dengan ISIS," ujar Sutiyoso.
Sutiyoso

13:49

Tumpangan gratis untuk evakuasi
Go-Jek dan GrabTaxi menawarkan jasa ojek gratis bagi warga yang hendak pergi ke lokasi aman. Melalui pengumuman di Twitter, GrabTaxi meminta penumpang menunjukkan notifikasi yang dikirimkan ke email kepada pengemudi untuk mendapatkan tumpangan gratis.

13:41

Lima korban dari ledakan di Sarinah dirawat di IGD RS Gatot Subroto. Personel polisi terkena luka tembak, sementara korban sipil terkena ledakan ranjau.
Mereka adalah:
  • Chairil, 21, Grogol, Jakarta Barat
  • Aiptu Budiyono, Anggota Provost Polres Jakarta Pusat
  • Aiptu Dody Maryadi, 49, Dirlantas Polda PMJ
  • Johannes Antonius Maria, 67, WNA Belanda
  • Angun, 24, Condet, Jakarta Timur

13:41

Terkait kemungkinan ISIS
Beredar informasi yang belum bisa dikonfirmasi bahwa ISIS yang bertanggung jawab, apa reaksi pemerintah? "Kita sudah siap, kita tidak mau didikte siapapun," kata Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo, lapor wartawan Heyder Affan.
TNI mengatakan mereka akan menurunkan personel untuk melindungi obyek-obyek vital.

13:32

Netizen menggunakan tagar #SafetyCheckJKT untuk saling berbagi informasi soal keamanan di sekitar Jakarta dan menghindari kabar hoax. Tagar ini menjadi topik paling populer ke dua di twitter.

13:32

Baku tembak di jalan - saksi menceritakan ketegangannya
Jeremy Douglas, yang bekerja di gedung PBB dekat lokasi, mendeskripsikan apa yang terjadi. Dia mengatakan kepada BBC World TV: "Kami keluar dari gedung, dari mobil, dan ledakan terjadi mungkin sekitar 150 meter. Kami kemudian lari ke gedung, kami mendengar ledakan ketiga. Kami naik ke lantai 10 dan kami mendengar ledakan keempat, kelima, dan keenam, dan ada baku tembak dari di jalan.

TWEET13:24

ReneCC

13:18

Gambar-gambar dari lokasi kejadian:

13:16

"Kami Tidak Takut"
Netizen Indonesia merespon ledakan yang diduga ulah teroris ini dengan tagar #KamiTidakTakut. Tagar ini menjadi trending topic di Indonesia telah digunakan lebih dari 5.700 kali. Tagar lainnya yang trending ialah #PrayForJakarta dan #SafetyCheckJKT.

TWEET13:15

@ryamizard_r - menteri pertahanan
Waspada harus, panik jangan. Teroris malah senang kalau "hasil karya"-nya di-blow up terus di berbagai macam media dan bikin takut semua orang. Tunggu saja kepastiannya, dan biarkan awak media massa yang meliput berita dan kebenarannya. Jangan membuat kabar dengan asumsi sendiri.

13:12

"Warga AS diminta hindari lokasi sekitar lokasi"
Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia menghimbau warga negaranya untuk menghindari lokasi ledakan. "Pesan ini disampaikan untuk menganjurkan semua warga AS untuk menghindari area di sekitar Sari Pan Pacific Hotel dan Sarinah Plaza di Jalan Sudirman Thamrin," kata pernyataan di situs resminya.

13:08

"Tertembaknya wartawan Kompas tidak benar"
Muncul kabar yang menyatakan bahwa terjadi juga ledakan di daerah Palmerah dan kontributor Kompas menjadi korban, namun berita tersebut disanggah lewat akun Twitter resmi Kompas Gramedia:
"Ledakan di daerah Palmerah dan tertembaknya wartawan/kontributor KOMPAS/KOMPAS TV adalah berita tidak benar."

12:55

Pengejaran pelaku oleh kepolisian masih berlangsung.

TWEET12:55

12:51

BBC Indonesia mendapat informasi bahwa salah satu dari setidaknya enam korban tewas, adalah warga asing yang bekerja di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

12:48

"Mengecam"
Pernyataan Presiden Jokowi kepada wartawan, "tadi kurang lebih 40 menit lalu, saya mendapatkan laporan informasi mengenai kejadian ledakan dan penembakan di Jalan Thamrin Jakarta. Kita semua tentu saja berduka atas jatuhnya korban dari peristiwa ini. Tapi semuanya mengecam tindakan yang mengganggu keamanan masyarakat, ketenangan rakyat, dan menebar teror. Dan saya telah perintahkan Kapolri, Menkopolhukam, mengejar, menangkap, baik yg di peristiwa maupun di jaringan-jaringan ini. Negara, bangsa dan rakyat, kita tak boleh kalah, takut oleh aksi teror seperti ini. Saya berharap masyarakat tenang. Dan setelah ini acara akan dipotong, saya akan kembali ke Jakarta."

TWEET12:48

pandji
Gue ga mau nyebarin foto korban. Kalau itu bokap gue, gue ga mau foto itu tersebar dalam kondisi mengenaskan.

12:48

Wartawan BBC Indonesia Heyder Affan melaporkan bahwa wartawan tetap dilarang mendekati gedung Djakarta Theatre, Lotus, Starbucks dan Burger King yang berada di satu kompleks. Kendaraan taktis polisi diparkir di depan pintu masuk lotus
Selain itu, menurut pantauan BBC, sejumlah polisi berkendara motor trail yang dilengkapi senapan serbu baru saja tiba di Sarinah pada 12:38 WIB.
Juru bicara Presiden Jokowi, Johan Budi menyatakan presiden akan mempersingkat kunjungan dan mengadakan rapat teror dengan Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, dan Menkopolhukam sore ini.

TWEET12:35

@jokoanwar
Temen-temen, stay away from Thamrin. Stay away from crowded places.

12:33

Wartawan BBC Indonesia Jerome Wirawan yang berada di lokasi menyebutkan bahwa sekitar pukul 12:10 WIB terdengar lagi bunyi ledakan keras di kawasan Sarinah. Polisi pun menyiapkan tim serbu.
Sementara wartawan BBC Indonesia Heyder Affan melaporkan, pada jam yang sama, terdengar beberapa bunyi tembakan dari gedung Djakarta Theatre, yang bersebelahan dengan Sarinah. Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya M Iqbal mengatakan, polisi masih melakukan perburuan pelaku yang diduga bersembunyi di lantai-lantai atas Gedung Djakarta Theatre.

12:32

"Jangan sebar foto korban"
Foto dan video beredar di media sosialmemperlihatkan sejumlah korban yang tergeletak di jalan. Sejumlah aktivis internet menghimbau pengguna untuk tidak ikut menyebarkan.
"Reminderteman-teman: jangan sebar foto-foto korban bom #Sarinah secara vulgar. Upayakan disamarkan dulu," kicau Damar Juniarto.

12:26

"Terdengar beberapa bunyi tembakan dari gedung Jakarta Theatre," kata wartawan Heyder Affan di sekitar lokasi kejadian.

12:25

Syaiful, saksi mata, memberikan keterangan kepada wartawan. Tangannya bergetar.
"Tiga orang yang terlibat baku tembak kelihatan seperti orang Indonesia. Senjatanya pistol, bukan laras panjang. Mereka semua mengenakan tas ransel."

12:19

Suasana di sekitar gedung Sarinah. Banyak karyawan yang berhamburan ke luar dan diminta pulang.

12:19

Laporan dari Wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan di lapangan:
Kabid Humas Polda Metro Jaya M Iqbal mengatakan bahwa polisi sedang memburu pelaku yang diduga masih bersembunyi di sekitar Gedung Lotus, Djakarta Theatre dan sekitarnya.
"Ada korban, baik dari pengunjung Starbucks Cafe maupun beberapa pelaku yang berhasil dilumpuhkan petugas. Jumlah belum pasti, yang jelas lebih dari 4 pelakunya," kata M Iqbal pada wartawan, Kamis (14/1).
Saat ini, petugas sedang melakukan proses evakuasi masyarakat di sekitar gedung untuk berusaha keluar dari gedung.
"Dan kita masih melakukan perburuan terhadap pelaku yang diduga bersembunyi di dalam gedung itu, terutama di lantai atas dan aparat langsung dipimpin oleh Kapolda," ujar Iqbal lagi.
Dia meminta masyarakat tetap tenang dan menurutnya situasi di lokasi relatif kondusif. Polisi belum mengetahui latar belakang pelaku penyerangan.
"Kita masih melakukan penyisiran berapa korban yang luka baik dari pelaku maupun masyarakat," tambah Iqbal.

12:14

Jumlah korban tewas enam orang, kata Jubir Mabes Polri.

BLOG12:13

Syaiful Anwar, saksi mata
Pertama bom bunuh diri di Pospol. Udah gitu pada ngeliat, ngeliat semua. Terjadi tembak langsung dari belakang. Korban ada, korban kayak warga gini aja. Tembak dari belakang. Pelakunya kayak warga Indonesia juga. Tapi yang bom bunuh diri ini orang luar. Ada tiga orang, bom bunuh diri. Masih ada tiga orang. Di gedung saya satu, di cakrawala, Starbucks Coffee. Bom meledak satu di mobil polisi, dua di parkiran.

12:08

Sejumlah orang dicemaskan tewas sebagai korban serangan yang diduga terorisme di beberapa titik di Jakarta -setidaknya enam ledakan bom trdengarr dan polisi terlibat baku tembak dengan orang-orang bersenjata.
"Polisi terlibat kejar-kejaran dengan tersangka orang bersenjata di gedung Lotus, Jl. Wahid Hasyim," kata wartawan BBC Christine Franciska di lokasi. Seorang polisi terluka, menurut pengamatan BBC di lokasi


Ada korban tewas dalam serangan terduga teroris di Jakarta

No comments:

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA A. TOPOLOGI JARINGAN ( KELEBIHAN DAN K...