August 5, 2016

Cara Mengatasi ''Kamera Gagal'' di SEMUA Android SAMSUNG

Cara Mengatasi “kamera gagal” di Samsung Galaxy


Ngepost ah, tentang  sedikit masalah pada smartphone, biar kesekarangan. Udah gak pernah lagi ngepost di blog. Sebelumnya saya mau cerita sombong dulu bentar ya lima puluh menit, dengerin aja. Di sekitar saya, saya sering di andalkan untuk mengatasi masalah-masalah yang menimpa mereka yang berkaitan dengan teknologi, laptop kah, desktop kah, printer kah, dan smartphone kah, padahal saya kan bukan tukang service, hanya master aja, haha, plis deh. Saya yakin saya tidak sendirian, banyak juga yang senasib. Kemarin aja (anggap aja sekarang tuh hari ini), dalam satu hari ada temen dan tetangga dan sodara ngasihin smartphone nya buat saya perbaiki dan modifikasi. Ada yang minta dibenerin kameranya (ini sodara saya), ada yang minta cusrom, ada yang minta di flash gara-gara softbrick, ada yang minta uang (ini pengemis), pokoknya saya sombong deh. Saya tertawa. Padahal nih ya, mereka tinggal nyari di google cara-cara untuk mengatasi masalah yang sedang menimpa mereka. Nah itu dia, mereka males ngulik, nah saya sombong lagi kan, saya tukang ngulik. Udah ya langsung ke tema, udah lima puluh tiga menit ini. Jadi saya pilih berbagi masalah yang menimpa sodara saya aja karena ternyata simple.
Awalnya saya gak tahu, da baru nemu masalah kayak gini, ya saya coba-coba cara-cara yang di terbitkan oleh orang-orang yang ngepost dengan pencarian yang saya ketikan dengan bahasa indonesia. Terlihat rumit sekali memang bagi sodara saya yang males nyoba-nyoba, ya sudah saya coba, percobaan pertama ke pengaturan, menager aplikasi, tab semua, cari kamera, paksa berhenti (pelan-pelan ya), hapus data, hapus memori, restart hh, gagal mbak.Cara kedua saya coba, hh nya dimatiin, tekan tombol vol up-menu-power bersamaan, pilih wipe cache partition, nunggu sampe complete, dan reboot system now, gagal lagi mas. Nyoba lepaskan kartu SD pun masih sia-sia. Saya aral (putus asa dan emosi) akhirnya saya ke caratiga, setel ulang ke pangaturan pabrik, file penting di internal di back up ke eksternal dulu, sama kayak cara kedua tapi pilih nya wipe data/factory reset, sampe tahap ini selesai, semua pengaturan berganti seperti baru, dan kamera masih gak bisa di pakai, gagal lagi kang, kampret kan. Eh ngetik-ngetik, kampret di sunda itu baju koko lho, sekilas info dunia dalam berita. Lanjut. Awalnya “kamera rusak” sekarang jadi “kamera gagal”. Kebalik ya, dalam kehidupan biasanya sebagian besar gagal dulu ya, baru rusak, tapi ini kamera bung, dan belum bisa di pakai. Saya tambah aral (udah ngerti ya, itu bahasa sunda, ex: “Aing geus aral”).
Akhirnya cara keempat, cara yang selalu saya tempuh setelah mentok di dalam negeri, saya coba ke luar negeri, di link ini saya menemukan pencerahdipagiharian. Yeah saya ngagubrag, karena gampang nya, sesimple itu. Jadi ternyata cara mengatasi kamera yang bermasalah di smartphone, khususnya di Galaxy Grand Prime Duos (punya sodara saya), tak perlu repot-repot sampai factory data reset, tinggal di copot aja batrenya beberapa saat trus pasangin lagi, udah gitu aja, nyalain lagi, taraaaaa, budimaaaan, eh, akhirnya kamera bisa di jepretkan lagi.
Jadi cara keempat ini jadiin cara yang pertama ya buat yang tertimpa, jangan cara yang ketiga yang di jadiin yang pertama, kasian nantinya takut kaya saya yang kerepotan karena aral (udah gak usah pakai dalam kurung ya), nah makannya saya tulis di sini biar kalian bilang terimakasih dan saya semakin sombong, haha, nggak deng, saya bercanda, saya serius.
20151208_050512mini
galaxy_grand_prime
Maaf gak nyertain gambar ketika kamera mati suri dan langkah-langkah masing-masing cara, (permintaan maaf tidak berlaku untuk cara yang keempat). Ini aja saya liatin hasilnya kamera sodara saya sudah hijau kembali sesudah reboisasi. Yah sama-sama.
Jadi sekian untuk postingan kali ciliwung, (oops typo), kali ini tentang mengatasi masalah kamera gagal yang seharusnya tanpa masalah. Salam leuleupeutan.

No comments:

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA A. TOPOLOGI JARINGAN ( KELEBIHAN DAN K...