July 29, 2019

House besar di Game of Thrones

House besar di Game of Thrones

Dikisahkan Great House di benua fiksi Westeros saling berebut kekuasaan untuk memerintah benua Westeros yang beribukota Kings Landing.
Perang antar House, Penghianatan antar House, Persekongkolan antar House, Percintaan antar House semua lengkap terjadi dan menghiasi film Game of Thrones.

Mungkin bagi kalian yang baru menonton serial ini akan terasa sulit mengetahui House-house yang berada di serial ini. Untuk itu di dalam artikel ini saya akan membahas semua House yang berada di Westeros, ingat saya tidak akan membahas House yang berada di benua Essos karna saya tidak tahu :D yah kecuali kaum Dotharki.

Peringatan di artikel ini mengandung Spoiler !!!
Oke saya mulai dengan House yang berkuasa di Utara

1. House Stark


House Stark memiliki simbol kepala Direwolf pada lambang keluarga mereka yang di ambil dari hewan buas yaitu Serigala berukuran besar yang habitatnya di daerah Utara. House Stark memiliki motto "Winter is Coming" dengan wilayah mereka di bagian Utara yang sangat luas dan sebagian wilahyahnya ini selalu di tutupi dengan salju. House Stark memiliki sebuah kastil yang bernama Winterfell dan kaum Stark hingga saat ini masih menyembah "The Old Gods" secara turun temurun.
Torrhen Stark adalah nenek moyang Rickard Stark dan garis keturunanya adalah Brandon Stark, Ned Stark, Lyanna Stark dan Benjen Stark.

Torrhen Stark beserta pasukanya pergi ke selatan untuk memerangi bangsa Targaryen, karna pada saat itu Targaryen melakukan invasi ke semua daerah yang di pimpin oleh Aegon I Targaryen namun karena melihat pasukan Aegon di perkuat banyak Naga Torrhen Stark menyadari bahwa perang ini akan sia-sia jika di lanjutkan, Torrhen Stark akhirnya bertekuk lutut kepada Aegon I Targaryen tanpa adanya perlawanan, dan atas pengakuanya itu Aegon I Targaryen memberikan dia sebagai penguasa Utara "Lord of Paramount and the Warden of the North" dan orang orang Utara percaya bahwa pada saat itu Torrhen menyelamatkan ribuan nyawa orang orang Utara.
Pada saat kekuasaan Utara di pegang oleh Ned Stark dia mempunyai keturunan dengan istrinya Catelyn dari House Tully yaitu :

- Robb Stark
- Sansa Stark
- Arya Stark
- Bran Stark dan
- Rickon Stark

Serta Ned juga mengasuh anak dari Lyanna Stark dan Pangeran Rhaegar Targaryen yang bernama Jon Snow dan menyembunyikan identitasnya bahkan kepada istrinya. Itu semua di lakukan oleh Ned untuk melindungi nyawa Jon Snow karena pada saat itu king Robert ingin membantai seluruh Targaryen yang ada.
Keluarga Stark memiliki House pengikut setia yang berada pada wilayah kekuasaan Stark di Utara seperti :

- House Bolton
- House Cerwyn
- House Hornwood
- House Karstark
- House Mormont
- House Umber
- House Cassel
- House Ashwood
- House Condon
- House Ryswell

Paling Utara wilayah The North yang di kuasai oleh House Stark "The Wall" yang merupakan tembok tinggi terbuat dari es pemisah antara benua Westeros dengan daratan bagian luar yang selalu di tutupi dengan salju dan dihuni oleh kelompok Wilding dan White Walker
.
2. House Arryn


Menurut legenda keluarga House Arryn ini didirikan oleh Ser Artys Arryn Ksatria bersayap. Dia terbang di atas punggung Elang raksasa dan mendarat di puncak Gunung Vale dan dia mengalahkan The Griffin King, The Last of The First Men Mountain Kings. Setelah mengalahkanya Ser Artys Arryn mengambil alih kastil Eyrie dan menjadi The First King of Mountain and Vale .

Keturunan Arryn terus memerintah Vale hingga waktu ke waktu hingga penaklukan Targaryen oleh Aegon I Targaryen dan kemudian penguasa di Eyrie di ubah gelarnya menjadi The Lords Paramount of The Vale and Wardens of The East atas nama The Iron Throne.
Simbol dari keluarga Arryn adalah bulan sabit putih dengan seekor Elang yang sedang terbang di langit biru. Motto krluarga Arryn adalah As High As Honor .
House-house yang setia yang mendukung House Arryn ialah :

- House Baelish
- House Royce
- House Corbray
- House Belmore
- House Donniger
- House Elesham
- House Moore
- House Pryor
- House Waynwood
- House Wydman

3. House Tully


House Tully menguasai kekuasaan di kawasan Riverland dan keluarga House Tully mempunyai kastil bernama Riverrun, sebuah istana yang letaknya di pertemuan antara Sungai merah Fork dari Trident dan Sungai Tumblestone.

Motto dari keluarga House Tully adalah "Familiy,Duty,Honor"
Ketika Hoster Tully memerintah sebagai penguasa Riverrun dia merupakan aliansi Robert Baratheon ketika peristiwa pemberontakan Robert dia memerangi kaum House Targaryen.
Jauh masa sebelum Hoster Tully lahir saat Aegon I Targaryen menginvasi seluruh daerah Westeros Lord House Tully pada saat itu Edmyn Tully memberikan dukungan kepada House Targaryen dengan memberontak melawan musuh musuh Targaryen .
Saat Aegon I Targaryen menduduki "The Iron Thronr" Aegon I menghadiahkan Edmyn Tully sebagai penguasa Riverrun "Lord Paramount of The Riverlands"
Pengikut setia House Tully adalah :

- House Blackwood
- House Bracken
- House Frey 
- House Mallister
- House Whent
- House Bigglestone
- House Butterwell
- House Chambers
- House Charlton 
- House Wayn

4. House Lannister


Orang orang dari House Lannister merupakan keturunan para petualang andal yang menginvasi Westeros dan mereka menetap di Kastil Casterly Rock.
Motto dari House ini adalah "Hear Me Roar" moto lainya juga tetapi tidak resmi namun sangat sering di gunakan yaitu "A Lannister always pay his debts".
House Lannister mempunyai lambang Singa.
Pada saat masa masa invasi Aegon I Targaryen nenek moyang Lannister yaitu Loren Lannister bergabung dengan penguasa The Reach dan menerjunkan pasukan yang berjumlah 60.000 tentara perang untuk melawan Aegon I Targaryen namun mereka kalah oleh para Naga milik Targaryen. Pertempuran itu dikenal dengan sebutan "Field of Fire" dan sejak mereka kalah Lannister mengabdi kepada keluarga Targaryen.

Ayah dari Tywin Lannister yaitu Tytos Lannister merupakan pemimpin yang paling buruk dalam sejarah yang di catat Lannister, bersikap lemah terhadap House pengikutnya sehingga memicu pemberontakan dari House pengikutnya sendiri, namun anaknya Tywin Lannister membalikan keadaan dengan memerangi mereka dan kini reputasi Lannister kembali di hormati oleh House pengikutnya.
House-house lain menjadi pengikut setia House Lannister adalah :

- House Clegane
- House Crakehall 
- House Lefford
- House Marbrand
- House Prester
- House Swyft
- House Payne
- House Hamell
- House Moreland
- House Foote

5. House Baratheon


House Baratheon didirikan oleh Orys Baratheon seorang panglima besar King Aegon I Targaryen.
Orys Baratheon sebenarnya adalah saudara tiri Aegon I Targaryen dan dia mengalahkan Argilac penguasa Stroms End yang sangat sombong serta menahan putri dari Argilac yaitu Argalia dan menjadikan dia sebagai istrinya.
Atas prestasinya menaklukan Stroms End King Aegon I Targaryen memberikan hadiah kepada Orys Baratheon sebagai penguasa baru di Stroms End dan mendirikan House Baratheon.
Motto dari House Baratheon adalah "Ours is the Fury" serta mempunyai lambang Rusa dan Kastilnya bernama Stroms End.

Dari generasi ke generasi lahirlah sosok Robert Baratheon yang memberontak terhadap King Aerys II Targaryen yang di kenal dengan peristiwa Robert's Rebellion.
House-house yang setia kepada House Baratheon yaitu :

- House Caron
- House Swann
- House Seaworth
- House Swygert
- House Whitehead
- House Tarth
- House Horpe
- House Rogers
- House Mertyns
- House Wylde

6. House Tyrell


Selama bertahun tahun House Tyrell melayani dan kadang-kadang menikah dengan House Gardener,
House Gardener adalah House kuno yang melawan karena invasi Aegon I Targaryen. Raja House Gardener Mern IX di bunuh oleh Aegon I Targaryen karena mereka tidak mau menyerah dan akhirnya House Gardener di eliminasi dari tanah Westeros.

Harlen Tyrell yang menjabat sebsgai kepala pelayan House Gardener menyerahkan Kastil Highgarden dan seluruh wilayah The Reach kepada Aegon I Targaryen karena Harlen Tyrell tahu jika dia membangkan kepada Aegon kaum Tyrell akan di musnahkan sama seperti Hoise Gardener.
Atas penyerahan itu Aegon I Targaryen memberikan hadiah kepada Harlen Tyrell berupa sebagai penguasa The Reach dan Kastil Highgarden.
Motto dari House Tyrell adalah "Growing Strong" dan simbolnya adalah Bunga mawar yang memiliki duri yang tajam.
Sepanjang sejarah House Tyrell selalu berpihak kepada siapa yang paling mungkin untuk menang dalam setiap konflik.
House pengikut setia untuk House Garden adalah :

- House Tarly
- House Redwyn
- House Ashford
- House Caswell
- House Hightower
- House Crodwayne
- House Oakheart
- House Bulwer
- House Crockshaw
- House Florent

7. House Targaryen


Bangsa Targaryen berasal dari sebuah pulau kecil di benua Essos yang di sebut Valyria.
Bangsa Valyria juga terkenal dengan kemampuan sihir magic dan mantra mantranya, yang paling terkenal dari klan ini adalah dapat menjinakan para Naga.
Bangsa Valyria juga dikenal dengan penghasil Baja terbaik di dunia Game of Thrones (Valyrian Steel) yang pembuatanya di beri mantra sihir Valyria hingga mampu membunuh White Walker.
Sebelum kejadian The Doom of Valyria Aegon I Targaryen berhijrah ke pulau Dragonstone di benua Westeros bersama dengan adiknya sekaligus menjadikan adiknya sebagai istri agar keturunanya murni, mereka yaitu Visenya dan Rhaenys. Tidak ketinggalan juga Aegon I membawa tiga Naganya yang bernama Vhagar, Meraxes, dan Balerion untuk menaklukan Westeros.

Setelah menaklukan seluruh bangsa di Westeros Aegon I Targaryen mengumpulkan pedang musuh-musuhnya untuk di bakar kepada naganya Balerion dan di jadikan sebagai kursi untuk tempat duduknya sebagai Raja dan penguasa Westeros.
House Targaryen menguasai Westeros hingga 300 Tahun dan pada era Raja Aerys II Targaryen (mad king) kerajaan Targaryen runtuh karena pemberontakan rakyatnya sendiri
.
8. House Martell


House Martell merupakan penguasa di Dorne letaknya berada di paling selatan Westeros dengan kastilnya yang berada di Sunspear.
Simbol House Martell berupa Matahari merah yang di tembus sebuah tombak emas.
Motto House Martell adalah "Unbowed, Unbent, Unbroken"
Pada saat penaklukan 7 kerajaan Westeros House Martell adalah satu-satunya House yang berhasil bertahan dari serangan bangsa Targaryen dan para Naganya.

Kepala keluarga House Martell di pimpin oleh Pangeran Doran Martell dan memiliki adik bernama Oberyn Martell dan Elia Martell.
Pada awalnya Oberyn Martell dan Elia Martel ingin di nikahkan kepada anak kembar Lannister yaitu Jaime Lannister dengan Cersei Lannister.
Oberyn dengan Cersei dan Elia dengan Jaime, namun Tywin Lannister menolak dan berkata seharusnya Elia menikah dengan Tyrion Lannister, dan cocoknya Cersei menikah dengan pangeran Rhaegar.
Dari pihak Martell ini adalah sebuah penghinaan karena Elia harus menikah dengan si cebol Tyrion Lannister dan sejak saat itulah Oberyn Martell selalu membenci Lannister.
House-house yang setia kepada House Martell adalah :

- House Dayne 
- House Fowler
- House Blackmont
- House Jordayne 
- House Allyrion
- House Gargalen
- House Ladybright
- House Manwoody
- House Starfall
- House Toland

9. House Greyjoy


Pada masa pemerintahan Raja Robert Baratheon House Greyjoy memberontak dari pemerintahan Robert namun upaya pemberontakan House Greyjoy berhasil di redam oleh pasukan Robert.
Semua anak laki-laki pemimpin House Greyjoh tewas dalam pertempuran pemberontakan, namun ada satu anak yang paling kecil masih hidup dan dia adalah Theon Greyjoy.
Setelah House Greyjoy menyerah pada Raja Robert pemimpin House Greyjoy Balon Greyjoy bersumpah setia kepada Raja Robert dan tunduk kepada kekuasaan Robert Baratheon, tapi kemudian Robert menyandera anak laki-laki Balon Greyjoy yang masih hidup sebagai jaminan untuk Balon Greyjoy agar tidak memberontak lagi, dan Robert menyerahkan Theon Greyjoy ke Ned Stark untuk di besarkan.

Motto dari House Greyjoy adalah "We Do Not Sow" dan mempunyai kastil Pike yang daerah kekuasaanya berada di Iron Islands.
dan House yang setia mengikuti House Greyjoy adalah :

- House Blacktyde
- House Botley
- House Drumm
- House Merlyn
- House Myre
- House Orkwood
- House Saltcliffe
- House Spar
- House Stonehouse
- House Volmark

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA

TOPOLOGI JARINGAN DAN PERANGKAT JARINGAN BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA A. TOPOLOGI JARINGAN ( KELEBIHAN DAN K...